• Untuk Pejuang Dakwah

    Agustus08:

    Siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kalian sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambatkan untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kalian menggentarkan musuh Allah dan musuh kalian serta orang-orang selain mereka yang tidak kalian ketahui sedangkan Allah mengetahuinya. (QS al-Anfal [8]: 60).

  • Goresan Pena

  • PENGERTIAN, KONSEP, DEFINISI PEMASARAN

    BAB I

    PENGERTIAN, KONSEP, DEFINISI PEMASARAN

    DAN MANAJEMEN PEMASARAN

    A. Pengertian Pemasaran

    Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :

    a. Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.

    b. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.

    c. Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.

    d. Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.

    B. Konsep Pemasaran

    Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.

    C. Manajemen Pemasaran

    Manajemen pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut Kotler dan Armstrong pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangakan manajemen adalah proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan.

    Jadi dapat diartikan bahwa Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.

    Kesimpulan :

    Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen pemasaran adalah sebagai kegiatan yang direncanakan, dan diorganisasiknan yang meliputi pendistribusian barang, penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang tujuannya untuk mendapatkan tempat dipasar agar tujuan utama dari pemasaran dapat tercapai.

    BAB II

    MACAM-MACAM KONSEP PEMASARAN

    I. Konsep Pemasaran

    Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasaan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.

    Konsep pemasaran yang telah diungkapkan dengan berbagai cara:

    1. Temukan keinginan pasar dan penuhilah.

    2. Buatlah apa yang dapat dijual dan jangan berusaha menjual apa yang dapat dibuat.

    3. Cintailah pelanggan, bukan produk anda.

    4. Lakukanlah menurut cara anda (Burger king)

    5. Andalah yang menentukan (United Airlines)

    6. Melakukan segalanya dalam batas kemampuan untuk menghargai uang pelanggan yang sarat dengan nilai, mutu dan kepuasan (JC. Penney).

    Dalam pemasaran terdapat enam konsep yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu organisasi yaitu : konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran global.

    1. Konsep produksi

    Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. Disini tugas manajemen adalah memproduksi barang sebanyak mungkin, karena konsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka.

    2. Konsep produk

    Konsep produk mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik. Tugas manajemen disini adalah membuat produk berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri – ciri terbaik

    3. Konsep penjualan

    Konsep penjualan berpendapat bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.

    4. Konsep pemasaran

    Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunsi untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.

    5. Konsep pemasaran sosial

    Konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripasda para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.

    6. Konsep Pemasaran Global

    Pada konsep pemasaran global ini, manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap. tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.

    BAB III

    SISTEM PEMASARAN

    A. Pengertian Sistem Pemasaran

    Sistem adalah sekolompok item atau bagian-bagia yang saling berhubungan dan saling berkaitan secara tetap dalam membentuk satu kesatuan terpadu. Jadi dapat diartikan sistem pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran barang, jasa, ide, orang, dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya..

    Dalam pemasaran kelompok item yang saling berhubungan dan saling berkaitan itu mencakup :

    1. Gabungan organisasi yang melaksanakan kerja pemasaran.

    2. Produk, jasa, gagasan atau manusia yang dipasarkan.

    3. Target pasar.

    4. Perantara (pengecer, grosir, agen transportasi, lembaga keuangan).

    5. Kendala lingkungan (environmental constraints).

    Sistem pemasaran yang paling sederhana terdiri dari dua unsur yang saling berkaitan, yaitu organisasi pemasaran dan target pasarnmya. Unsur-unsur dalam sebuah sistem pemasaran serupa dengan unsur-unsur yang ada pada sistem radio stereo. Bekerja secara terpisah, tetapi pada waktu dipertemukan secara tepat.

    B. Macam – Macam Sistem Pemasaran

    a. Sistem pemasaran dengan saluran vertikal

    Pada sistem ini produsen, grosir, dan pengecer bertindak dalam satu keterpaduan.

    Tujuan :

    § Mengendalikan perilaku saluran

    § Mencegah perselisihan antara anggota saluran

    b. Sistem pemasaran dengan saluran horizontal

    Pada sistem ini, ada suatu kerjasama antara dua atau lebih perusahaan yang bergabung untuk memanfaatkan peluang pemasaran yang muncul.

    c. Sistem pemasaran dengan saluran ganda

    Pada sistem ini beberapa gaya pengeceran dengan pengaturan fungsi distribusi dan manajemen digabungkan, kemudian dari belakang dipimpin secara sentral.

    C. Lingkungan Sebuah Sistem Pemasaran

    a. Lingkungan makro ekstern.

    Lingkungan makro tersebut ialah:

    a. Demografi (kependudukan).

    b. Kondisi ekonomi.

    c. Teknologi.

    d. Kekuatan sosial dan budaya.

    e. Kekuatan politik dan legal.

    f. Persaingan.

    b. Lingkungan mikro eksternal

    a. Pasar (market)

    b. Pemasok

    c. Pialang (marketing intermediaries)

    c. Lingkungan Non- – Pemasaran Intern

    Kekuatan non – pemasaran lainnya adalah lokasi perusahaan, ketangguhan bagian penelitian dan pengembangan. Kekuatan intern bersifat menyatu (interest) dalam organisasi dan dikendalikan oleh manajemen.

    BAB IV

    STRATEGI PEMASARAN

    A. Pengertian Strategi Pemasaran

    Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu :

    1. Daur hidup produk

    Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.

    2. Posisi persaingan perusahaan di pasar

    Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.

    3. Situasi ekonomi

    Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.

    B. Macam-Macam Strategi Pemasaran

    macam strategi pemasaran diantaranya:

    1. Strategi kebutuhan primer

    Strategi-strategi pemasaran untuk merancang kebutuah primer yaitu:

    1. Menambah jumlah pemakai dan

    2. Meningkatkan jumlah pembeli.

    2. Strategi Kebutuhan Selektif

    Yaitu dengan cara :

    a. Mempertahankan pelanggan misalnya:

    1. Memelihara kepuasan pelanggan;

    2. Menyederhanakan proses pembelian;

    3. Mengurangi daya tarik atau jelang untuk beralih merk;

    b. Menjaring pelanggan (Acquistion Strategier)

    1. Mengambil posisi berhadapan (head – to heas positioning)

    2. Mengambil posisi berbeda (differentiated positin)

    Secara lebih jelas, strategi pemasaran dapat dibagi kedalam empat jenis yaitu:

    1. Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai.

    2. Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian.

    3. Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada.

    4. Merangsang kebutuhgan selektif dengan menjaring pelanggan baru.

    C. Segmentasi Pasar

    Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Atau segmentasi pasar bisa diartikan segmentasi pasar adalah proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisia perbedaan antara pembeli di pasar.

    1. Dasar-dasar dalam penetapan Segmentasi Pasar

    Dalam penetapan segmentasi pasar ada beberapa hal yang menjadi dasarnya yaitu:

    1. Dasar – dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen

    a. Variabel geografi, diantaranya : wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim.

    b. Variabel demografi, diantaranya : umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan, dll

    c. Variabel psikologis, diantaranya :kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.

    d. Variabel perilaku pembeli, diantaranya : manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan dan sikap pada produk.

    2. Dasar – dasar segmentasi pada pasar industri

    a. Tahap 1: menetapkan segmentasi makro, yaitu pasar pemakai akhir, lokasi geografis, dan banyaknya langganan.

    b. Tahap 2: yaitu sikap terhadap penjual, ciri – ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.

    2. Syarat segmentasi Pasar

    Ada beberapa syarat segmentasi yang efektif yaitu :

    a. Dapat diukur

    b.Dapat dicapai

    c. Cukup besar atau cukup menguntungkan

    d.Dapat dibedakan

    e. Dapat dilaksanakan

    3. Tingkat Segmentasi Pasar

    Karena pembelian mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi pasar yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi pasar dapat dibangun pada beberapa tingkat yang berbeda.

    a. Pemasaran massal

    Pemasaran massal berfokus pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen.

    b. Pemasaran segmen

    Pemasarn segmen menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian.

    c. Pemasaran ceruk

    Pemasaran ceruk (marketing niche) berfokus pada sub group didalam segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu group yang didefiniskan dengan lebih sempit.

    d. Pemasaran mikro

    Praktek penyesuaian produk dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.

    4. Manfaat Segmentasi Pasar

    Sedangakan manfaat dari segmentasi pasar adalah:

    a. Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan- kesempatan pemasaran.

    b. Penjual atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai segmen.

    c. Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya

    D. Menentukan Pasar Sasaran

    Langkah-langkah dalam menetukan pasar sasaran yaitu :

    1. Langkah pertama

    Menghitung dan menilai potensi keuntungan dari berbagai segmen yang ada

    2. Langkah kedua

    Mencatat hasil penjualan tahun lalu dan memperkirakan untuk tahun yang akan datang.

    BAB V

    PERILAKU KONSUMEN

    A. Pengertian Perilaku Konsumen

    Perilaku konsumen merupakan tindakan-tindakan individu yang melibatkan pembelian penggunaan barang dan jasa termasuk proses pengambilan keputusan yang mendahului dan menentukan tindakan-tindakan tersebut sebagai pengalaman dengan produk, pelayanan dari sumber lainnya.

    B. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

    Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah :

    1. Faktor kebudayaan

    Faktor kebudayaan meliputi :

    a. Budaya : faktor-faktor budaya memberikan pengaruhnya paling luas pada keinginan dan perilaku konsumen. Budaya (culture) adalah penyebab paling mendasar teori keinginan dan perilaku seseorang.

    b. Subbudaya : setiap kebudayaan mengandung sub kebudayaan yang lebih kecil, atau sekelompok orang yang mempunyai sistem nilai yang sama berdasarkan pengalaman dan situasi kehidupan yang sama. Sub kebudayaan meliputi: kewarganegaraan, agama, ras, dan daerah gegrafis.

    c. Kelas sosial : hampir setiap masyarakat memiliki beberapa bentuk struktur kelas sosial. Kelas-kelas sosial adalah bagian-bagian masyarakat yang relatif permanen dan tersusun rapi yang anggota-anggotanya mempunyai nilai-nilai, kepentingan dan perilaku yang sama.

    Perilaku konsumen juga dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor sosial, seperti kelompok kecil, keluarga serta aturan dan status sosial konsumen. Disini keluarga merupakan organisasi pembelian konsumen yang paling penting dalam masyarakat. Keputusan orang ingin membeli juga dipenggaruhi oleh karakteristik pribadi seperti umur dan tahap siklus hidup, pekerjaan, situasi ekonomui, gaya hidup dan kepribadian serta konsep diri.

    Selain dari beberapa faktor diatas yang mempengaruhi perilaku konsumen juga dipengaruhi juga oleh faktor-faktor psikologis seseorang, yang meliputi motivasi, persepsi, pengetahuan dan keyakinan serta sikap.

    C. Proses Pengambilan Keputusan Pembeli

    a. Proses Pengambilan Keputusan Pembeli Terhadap produk Baru

    Sebuah produk baru adalah barang, jasa, atau ide yang dianggap baru oleh pembeli potensial. Terkadang produk yang beredar dipasaran telah lama ada, disini konsumen dapat membuat keputusan untuk menerima / mengadopsinya. Proses adopsi adalah proses mental yang dilalui seseorang, mulai dari pengenalan pertama sampai pada penerimaan / adopsi final.

    Tahap-tahap proses adopsi:

    1. Sadar : konsumen menjadi sadar akan adanya produk baru, tetapi kekurangan informasi mengenainya.

    2. Tertarik : konsumen akan menjadoi tertarik untuk mencari informasi mengenai produk baru.

    3. Evalusi : konsumen harus mempertimbangkan apakah produk baru tersebut masuk akal atau tidak untuk dikonsumsi.

    4. Mencoba : konsumen mencoba produk baru tersebut dalam skala kecil untuk meningkatkan perkiraan nilai produk tersebut.

    5. Adopsi : konsumen memutuskan secara penuh dan teratur menggunakan produk baru tersebut.

    b. Tipe-Tipe Perilaku Membeli

    Ada empat tipe perilaku membeli, yaitu :

    a. Perilaku pembelian yang kompleks

    Disini konsumen mengakui keterikatan yang tinggi dalam proses pembeliannya, harga produk tinggi, jarang dibeli, memiliki resiko yang tinggi. Perilaku konsumen melalui proses tiga langkah, yaitu: pertama, mengembangkan keyakinan tentang produk tersebut. Kedua, membangun sikap, dan ketiga melakukan pilihan.

    b. Perilaku pembelian yang mengurangi ketidakefisienan

    Disini konsumen mengalami keterlibatan tinggi akan tetapi melihat sedikit perbedaan, diantara merek-merek. Konsumen mengunjungi beberapa tempat untuk mencari yang lebih cocok.

    1. Perilaku pembelian karena kebiasaan

    Disini konsumen rendah sekali dalam proses pembelian karena tidak ada perbedaan nyata diantara berbagai merek dan harga barang relatif rendah

    1. Perilaku pembelian yang mencari keragaman

    Disini keterlibatan konsumen yang rendah akan dihadapkan pada berbagai pemilihan merek.

    c. Tahap-Tahap Proses Membeli

    Tahap-tahap dalam proses membeli mwliputi :

    a. Pengenalan kebutuhan/masalah

    Disini orang yang akan memasarkan produk meneliti mengenai apa yang dibutuhkan, apa yang menyebabkan semua itu muncul dan mengapa seseorang membutuhkan sesuatu. Seorang pemasar akan mengenalkan pada konsumen agar lebih tertarik.

    b. Pencarian informasi

    Sumber informasi konsumen terbagi dalam empat kelompok, yaitu :

    1. Sumber pribadi, meliputi: keluarga, teman-teman, tetangga, dan kenalan.

    2. Sumber niaga, meliputi : periklanan, petugas penjualan, penjual kemasan dan pemajangan.

    3. Sumber umum, meliputi : media massa dan organisasi konsumen.

    4. Sumber pengalaman, meliputi: pernah menangani, menguji, dan mempergunakan produk.

    c. Pencarian alternatif

    Terdapat lima konsep dasar bagi pemasar dalam penilaian alternatif konsumen, yaitu :

    1. Sifat-sifat produk, apa yang menjadi ciri-ciri khusus dan perhatian konsumen terhadap produk atau jasa tersebut.
    2. Pemasar lebih memperhatikan pentingnya ciri-ciri produk daripada penonjolan Ciri-ciri produk.
    3. Kepercayaan konsumen terhadap ciri merek yang menonjol
    4. Fungsi kemanfaatan, yaitu bagaimana konsumen mengharapkan kepuasan yang diperoleh dari produk dengan tingkat alternatif yang berbeda-beda setiap hari
    5. Bagaimana prosedur penilaian yang dilakukan konsumen dari sekian banyak ciri-ciri barang.

    d. Keputusan membeli

    Ada dua faktor yang menyebabkan seseorang mengambil keputusan untuk

    membeli, yaitu :

    1. Sikap orang lain : keputusan membeli itu banyak dipengaruhi oleh teman-teman, tetangga, atau siapa saja yang dipercayai
    2. Faktor-faktor situasi yang tidak terduga : seperti faktor harga pendapatan

    186 Tanggapan

    1. good good good

    2. terima kasih..

      maaf, artikelnya saya pakai untuk tugas saya

    3. kalo cuma begini mending gak usah buat.
      copy paste doang.

    4. wOw…. keren banget bukunya kotler seri pertama dipindah ke sini … makasih banget yah…

    5. to: zita….
      emang satu buku sebagai sumber utama, diketik ulang tuk tugas, tapi gak hanya satu buku juga ada tambahan dari sumber lain. maaf tidak mencantumkan daftar pustaka..
      blog ini emang di buat tuk kawan2 P.IPS yang gak sempat bikin tugas kuliah…..

    6. thanks

    7. tengz! yah…

    8. artikelnya
      lumayan lengkap bgs bwt dijadikan pelengkap bahan skripsi
      thank’s yach

    9. thank’s ya…. artikelnya membantu bnget dalam penlisan bahn skripsi gw, skli gi gw ucpin terimakasih banget.

    10. t.Q…..

    11. pak..ini kotler buku kebrapa?tahun brapa?sapa yg nerbitin?dan dmana?

      trimz.

    12. Sangat bermanfaat dan menambah wawasan. Maaf jg saya pakai buat bahan tugas,terima kasih.

    13. Tqqqqq,……
      artikelnya buanggus bunger mudah dimengerti,…

    14. makAcih YaCh….
      beRmanFaaT bangET bWT ngeRjain Tugas :)

    15. Bro thx ya…artikel lo berguna banget buat bantu buat tugas ^^

    16. Mantab brow..!!!!
      bikin paper tinggal copy paste wkowkwow
      btw kesimpulan lengkap nya kurang ne :p

    17. Thaks. Manfaat banget u/ tugas mendadak……………

    18. Tq yow,dah bantuin aQ ngerjain tgs kuliah.

    19. bagi informasi buat tugas yaa.
      makasi

    20. Manfaat bgt neh……
      THANKS SO MUCH…

    21. THANKS BGT AJA LAH

    22. makasih bgt yaaa

    23. thx banged neeh…….lumayan buat ngelengkapin skripsi.

    24. thx ya, ni bisa buat referensi temen2 yg lagi butuh tuk tgs kul, smg tetap trus istiqomah dlm perjuangannya.

    25. itu sich gampang

    26. great thx

    27. thnks bgt ……bisa bantu gw ngerjain tugas UTS

    28. thanks ya
      cz aq pakai untuk tugas akhir yaaaa

    29. tapi apkah bisa aq minta alamat lengkap referensi yang diguankan cz penting bangat shup

    30. minta info nya ya skripsi saya.. terima kasih.. :)

    31. sangat ngebantu bgt buad tugas makalah saya, trimakasih banyak….
      sukses slalu.

    32. makasih ya infonya…:)

    33. Thanks udah sharing !
      Berguna banget buat tugas skripsi dari guru Bahasa Indonesia gua !

    34. numpang kopi paste,lagi butuh,thanks

    35. kucay copy ya… Makasee…. :D

      copy jak….

    36. Makasih atas infonya klo bisa dari mana data diatas diambil langsung dikasih keterangannya….
      Arigatou gozaimashu……

    37. this is really helping me to finish my task. thankz.

    38. Makasih banyak bwt artikelnya yah. Butuh bgt bwt bahan final minggu depan. Salam semangat…!!!

    39. Thx banget ya….
      info yang lengkap, membantu tugas gw banget..

    40. wah makasih bgt,, sangat sangat membantu :D

    41. waaaaah… tq buanget yawzsh… uda ngebantu tugas AKU… uda ke’konsep mateng banget!
      gini mah tinggal copy paste, n print out doank!!! hehehe

    42. TQ
      Tugas gw selesai dech

    43. txs bgt…….. very good

    44. untuk bab IV’a itu bneran dari philip kotler y? kl y, dibukunya yang jilid kebrapa&thn brp y pak??
      thx before

      Sorry buk saya sudah tidak menyimpan filenya lagi… ini hanya sebagaian data tugas kuliah yg bisa diselamaatkan…

    45. memang sumber buku ini berasal dari bukunya philip kotler, tetapi saya mohon maaf karena saya tidak menyimpan file daftar pustakannya…. jadi kalaw ingin lebih jelasnya silahkan cari sendiri buku karangan philip kotler…

    46. sumber ini yg ku cari dan ternyata bagus dan lengkap

    47. okelah kalau ada lagi makalah

    48. kurang lengkap…?
      tolong tambah y..
      thanks…

    49. mkcih yA udh ngbantu gw ngrjain skripsi. . . .

    50. thank you

    51. thanks brader….lengkap bgt ulasan nya….nge bantu bgt….^^

    52. Thank’s yah,
      Q jadi lebih Gmpang ngerjain Tgs AkhirQ

    53. kalo membuat makalah di internet terutama ka2k tingkat kita tolong dong supaya di lengkapilah membuat makalah jangan begini bab yang jaman purba kala koq d keluarkan lagy?mbok y keluarnya bab manajemennya itu jangan di ulang kembali kapan kita bisa pintar?nunggu kita mbah buyut lagy tha?

    54. mekash bnget da bntu gw cri tgs. hahahahahah……………

    55. tengkyu .. ulasan nya sangat lengkap .. sangat membantu mnyelesaikan laporan saya .. thx . :)

    56. thanks bgt….. yaaaaaaa
      laen kali bagi-bagi lagi yaaaa

    57. Makasih ya….artikelnya membantu tugas aku

    58. because my syllabus in english,,,,so this article really help me to understand more,,,so that i hope you can write for next note or bab,,,,thanks a lot ,,,:)

    59. bagus ni,,,ngebantu aq lbih tau detailnya pmasaran

    60. Bagus banget u/ dasar-dasar pemasaran bagi mahasiswa

    61. thanks buat infonya,.,.,semoga ajjah aku bisa menang oloimpiade ekonomi yagh.,biar bisa buat bangga ortu.,.,sekali lagi thannnnnks banget

    62. thx,, tugas pacar saya,, bisa gw bikin,, sx lg thx,,,

    63. smuanya btuh proses,
      jstru sya mrasa brat mlakukan proses trsbut.
      gmna cra mnghapi sfat sya itu?
      sya mnta pndpatnya donkz

    64. makasi bnayak uda membantu bikin peresentasi…………… sepupu aku

    65. makasi y akhrx tugas resum q selesai jg….

    66. Wow,keren!! Q kvtip sedikt yaw bwt tgs ips q.maksh!

    67. thanks ya, ngebantu bgt nih ..

    68. thx bgt yawh…. dah bantuin buat lengkapin Tugas Akhir…..

    69. makasih y…

    70. maksih,, artikelnya uda membantu bgt……..
      to finish tugas Q..

    71. cukup bagus lo””””””””””””””””””””””?

    72. trims….ini benar-benar bermanfaat..!!!

    73. makasii ya . sangat membantu :)

    74. Hatur nuhun … dah dicopy

    75. ijin copas sob,,,buat skripsi gue,,,hehe

    76. Thank’s atas Infox senior,, mau d’jdikan tmbahan tgas,he

    77. trims bwt info-nya, sy sudah meng-copy.
      sngat menolong skali.

    78. af1 ya artikelnya ane minta buat referensi tugas

    79. makasih.. artikelnya,,, maaf saya pake buat tugas :D

    80. jazaaqillah akhi, materi yang disajikan membantu saya!
      Sudah saatnya kita bangga dan berdakwa sesuai dgn kompetensi kita.

    81. hebat akhi, terus beri kontribusi tuk tegaknya bendera dakwah

    82. Minta daftar puztaka bz ?
      Khuzuznya yg pngertian strategi pemazaran sama pengertian manajemen pemasaran. .
      Yg lengkap ya dr nama pengarang, jdul buku, taun trbit sm hal. .

    83. hmmm…boleh tau gak sumbernya dari mna n tahun buku terbitan berapa????penting…
      please…
      thanks ya…

    84. mkc…q da copy nc bat tgas…hehhehe

    85. Thanks, my assignment done

    86. mksih bgt ya…..mw djdiin tmbhan tgas ne….

    87. terima kasih,
      artikelnya membantu tugas kuliah saya :)

    88. hebat lah gua terbantu sebagai dosen luar biasa anda nggak pelit ilmu semoga amaliah jadi perangko kesurga hehehe

    89. thx ya..
      sry gw pake buat tugas kuliah gpp kan..
      =)

    90. good job, razin gan. tingkatkan mdh2n brmanfaat

    91. Kawan…trima ksh….artikelx sangat membantu saya dalam mencari tugas….tp kalo boleh cantumkan juga referensix….

    92. udah lama tidak cek blog….. maaf kalau tidak ada daftar pustakanya. maklum ini file ketika masih sibuk2 ngerjakan tugas skr udah free tugas kuliah. semoga bermanfaat….

    93. ehm,artikelx bgus. . .

      so,aq bwt jadi tgas aq. . .gag,apa kan?

    94. Terimakasih atas artikelnya,,,,kami mita agar lebih banyak infrmasi yg lebih dalam tntang materinya ,,,lengkpin lagi

    95. TERIMAKASIH MEMBANTU SAYA UNTUK MENGEMBANGKAN WAWASAN. gbu

    96. lengkapin donk tentang target pasarnyaaaaaaaaaaaaaa………………

    97. thaaaanks bgt ya…
      bisa untuk melengkapai bahan presentasi dkelas………..
      so simple…but so complete
      okelaaa….tq

    98. thank before ia…..
      oz dah banTu gue mNambah bAhan bt tUgas Gue,,,,,,,:)

    99. Makasih ya.. :)

    100. I Like it…

    101. terima kasih….ini sangat berguna

    102. keren memang ini buku…byk yg sy dpt dri sini..makasih yah…

    103. izin minta ya…makasih bgt, ini sgt membantu tugas saya

    104. wowwwwww….
      keyen……
      hmmm…
      thx bnget…..
      tgas kuliah qu akhir nya sukses…

    105. bgus truz prbnyk karya anda krna sngat mmbntu mhsswa untuk mncari bahan makalah

    106. mantab mantab mantab…
      makalah gw selesai dalam wktu 1 jam saja..ahahaha

      thanks thanks… :)

    107. bagus,tp referensix kurang lengkap…
      skripsi khan kudu dapusx komplit

    108. thanks yaa..tuisannya membantu banget dlm nyelesain tugasQ !!!

    109. alhamdulilah…akHirx dgn maTeri iNi tugAs kULiah KUw kaLi iNi keLar.
      Amien…

    110. minta artikel tentang marketing mix dalam perspektif islam ada g yaa..??

      makasih sebelumnya..:D

    111. jazakallahu khairan …
      tugas ana kelar …………………….

    112. thx..
      n cm pngen tau ap definisi need, want, demand, product, value, satisfaction, quality…….?????

    113. makasih banget share’nya….
      jd dpt pencerahan buat ngerjain tugas :)

    114. makasiii byak ..
      udah bantu nyari materi kul aq ..
      keyeeen bgt :)

    115. Izin copas buat tugas, Terimakasih

    116. yomannnnnnn thanks atas bantuanya,,,tgas sya selesai juga,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    117. cariin penerapan syariah marketingnya dunk?

    118. makasih atas artikelnya,sangat membantu sekali untuk penyelesaian tugas saya

    119. mksh mas bro

    120. izin minta ya . buat ngerjain tgas dri kmpus . makasi bnyak :)

    121. [...] dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi. SUMBER ; http://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi-pemasaran/ 1.3 Jenis Jenis Pemasaran Pada dasarnya pasar dibagi dalam beberapa golongan yaitu sebagai [...]

    122. numpang copas yak, uda mepet nih, hehe….
      thnx :)

    123. tentang sistwm informasi pemasaran dan siklus informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan tolong disertakan.

    124. cukup lengkap.thks. tetap semangat jgn hiraukan komentar yg negatif

    125. tq bget ya…, mgkin ini bsa menjadi ide bru buat usaha saya..

    126. Makasih banget, udh bantu isi tugas pagi ini..

    127. kalo yg dimaksud profil perilaku konsumen tuh gomana ya?
      makasiih…

    128. Terbangun di pagi buta itu menyebalkan, membuang waktu tidak berguna, tapi iseng2 membaca artikel ini jdi kbangun pagipun berguna buat nambah ilmu.. hehe.. terima kasiiih.. :)

    129. kalo bisa sumbernya jg dicantumin ya,,, :)

    130. thanks udh menambah pengetahuan saya..??

    131. tq bangettttt…ngeetttt…ngettt…..selesai deh akhirnya tugas aQ…

    132. thx 4 share… :)

    133. Makasihhh,, akhirnya aku tahu juga deh se sangat bermanfaat,, thanks

    134. thanks bnget y .. bner” membantu

    135. banyak jasa agan ini, numpang ngopi ya..
      makasih banget:)

    136. siip……………..

    137. Terima kasih sudah bantu untuk penyelesaian tugas makalah dalam SESPIBANK angkatan 57.

    138. Thank you atas infonya…
      Qw Copy_paste buat bahan Ujian Qw ya.. :)
      JBU

    139. matur tengkyuuuuuuuuuu…………
      klo bsa dtmbah lgi gannnn…………

    140. bantuin please kotler bab 21 manfaat pasar global :(

    141. [...] majidbsz.wordpress.com [...]

    142. [...] majidbsz.wordpress.com [...]

    143. [...] majidbsz.wordpress.com [...]

    144. terimakasih sanger nggih
      haturnuwun

    145. [...] majidbsz.wordpress.com [...]

    146. [...] majidbsz.wordpress.com [...]

    147. khob khun kha……

    148. makasih banget

    149. trima kasih banyak atas bantuannya

    150. [...] majidbsz.wordpress.com [...]

    151. [...] majidbsz.wordpress.com [...]

    152. baguss niii …saya ambil ya bwt BELAJAR….
      soalnya besok mau sidang …heheheheeeeeee

    Berikan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.