• Untuk Pejuang Dakwah

    Agustus08:

    Siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kalian sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambatkan untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kalian menggentarkan musuh Allah dan musuh kalian serta orang-orang selain mereka yang tidak kalian ketahui sedangkan Allah mengetahuinya. (QS al-Anfal [8]: 60).

  • Goresan Pena

  • IKHWAN APA BAKWAN

    Ana pernah tanya ama ikhwan-ikhwan lain mengenai puisi ini, “gimana kalau kita tempel di mading kita nih… puisi? mau gak…?” ternyata tuh ikhwan nolak(jangan berpikir yang enga’- engga’ ya…) dia gak mau karena salah satu nama yang tercantum adalah nama belian… mau tau kayak mana puisinya… ?

    Sebelunya ana minta izin (di izin nin ya…) kepada orang yang memiliki ide kreatif yang buat puisi ini (cukup pas tuk menegur seorang ikhwan dengan halus)… karena ana juga gak tau siapa pengarangnya..kemaren ana ambil di Antikel Islam.

    ini nih Puisinya:

    IKHWAN APA BAKWAN

    Oh…. Ikhwan
    Apa bedanya dengan si Marwan
    Si Ali, Paijo atau si Iwan
    Oh ternyata cuma sebutan

    Oh…. Ikhwan
    Walaupun tidak rupawan
    Alias modal tampang pas-pasan
    Tetep aja tebar senyuman

    Oh…. Ikhwan
    Gayanya sih bisa ketebak & kelihatan
    Jenggot melambai,baju koko & sendal jepit usang
    Sesekali komat-kamit sambil jalan

    Oh…. Ikhwan
    Nyarinya susah-susah gampang
    Kadang di masjid, kampus or sekolahan
    Mungkin juga lagi nyari sampingan
    Nggak taunya buat biaya walimahan )

    Oh…. Ikhwan
    Ngomonginnya masalah aksi dan kepartaian
    Juga Liqo’an and hapalan
    Kata orang “Nggak ada bahasan yang lain, wan ?”

    Oh…. Ikhwan
    Anehnya kalo lagi jalan
    Ngukurin tanah apa ngitung lantai sih, wan?
    Oh….. ternyata dia jaga pandangan !!!

    Ikhwan… Ikhwan…
    Lucunya kalo akhwat sedang berpapasan
    Langsung minggir! , acuh tak acuh kaya’ musuhan
    (Gubrak…!!!!! apaan tuh, wan?)
    Eh…. dia jatuh, kagak ngeliat ada selokan :))

    Oh…. Ikhwan, apa semuanya begitu, wan ?
    Ada nggak yang masih tebar pesona & jelalatan ?

    mujahid

    19 Tanggapan

    1. gak semuanya seorang ikhwan begitu lho……………semua orang punya kelebihan n kekurangan, tak ada yang sempurna..

    2. Assalamualaikum..
      Ada juga kok ikhwan yang TP..Harus ditegor tuch..
      Ngomongnya sih menjaga silahturahmi tapi kok…🙂
      Bikin akhwat susah buat jaga hatinya..
      Oh ikhwan…Jangan TP dongs..

    3. assalamu’alaikum……..
      kayanya klo menurut gue, ikhwan lebih baik daripada orang yang cuma bisa pasang komentar aja…….!!
      klo emang ente lebih baik dari ikhwan buktiin dong jangan cm komentar aj, payah lo….

    4. Asslm.Sy mw ngsih komentar lg nich…..Pertama bc lucu jg tulisan itu.Mgkn itu isi hati orang yang banyak ngeliat ikhwan yang ky gt.Memang,banyak sekali ikhwan seperti itu.Jgn gt bgt kale….Saya kdg sebel jg m ikhwan yg ky gt.Terkesan eksklusif!!!Akhwat jg bnyk yg gt…Yang menyedihkan, tercipta dikotomi antara ikhwa-bukan ikhwan.Sy pnya bnyk tmn ikhwan yg ky gt.Kl ktmu djln ky musuh m qt tp bnyk jg tmn ikhwan yang biasa2 az kl ktmu tmn akhwat,tdk terlalu menyeramkan seperti yg d tulisan itu.Knp y kl cowok biasa g d panggil ikhwan???Apa karena mereka bkn ikhwah??Pdhl itu kan panggln bwt smw laki2.Siapa yg menciptakan dikotomi ini??Buat para ikhwan dan akhwat!Jgn eksklusif!!!Gmn mw dakwah kl hanya bergaul dlm kel sendiri???Ikhwan hrs gaul sama cowok yg bkn ikhwah!!Membaurlah…tp ingat!!jgn sampai melebur!! Tdk ap2 klo dicap ikhwan aneh atau akhwat aneh sama internal ikhwah hanya karena gaul sama semua org.Yg ptg pnya prinsip. Dakwah qt akn sulit klo qt eksklusif….U/ ikhwan yg TP,sy br dengr dr Ukh bonaNa.Ada y yg TP??WAh,perlu dipertanyakan nich…..

    5. assalamualaikum…
      Ada senyum yg hadir ketika ana membaca puisi itu. Sempat mengernyitkan kening jg coz hubungannya dengan BAKWAN apaan???yah! Sebuah realita dan itu ada benarnya. Menjaga adab pergaulan emg sebuah keharusan coz itu adalah ajaran islam. Tapi…kadang ana agak risih juga klo ada ikhwan atau pun akhwat yang saking menjaganya lupa sama orang disekitarnya. Kadangkala ana melihat beberapa diantaranya jarang tersenyum atau pun tidak menampakkan raut wajah gembira jika berpapasan dengan manusia disekelilingnya. Seperti banyak menanggung beban. Dari sikap tak terlihat kalau mereka “GEMBIRA”menyandang titel”akhwat/IKHWAN”, Mana katanya DAKWAH ITU INDAH???

    6. ikhwan fkip paling mantap…

      ^_^

    7. Puisinya bagus, buatin untuk akhwat juga dunk!!!

    8. waduuuuuh, jd gimana dong jd seorang ikhwan, serba salah nihhhh. memang banyak opini2, artikel2 yang mengeritik para ikhwan nihhhhh,,,,,,,ane yakin, tu termasuk kerjaan akwat di pelosok negri sono. ass.

    9. tekwan mungkin akhi ^__^ btw, ane juga punya nih syair buat ikhwan:

      Ikhwan…Ikhwan…

      Ikhwan? Mangnya ada apa sama ikhwan?
      Ga ada apa-apa sih….cuman…
      Salut aja….

      Wan, ngapain sih tunduk2 gitu kalo jalan?
      Duit kamu hilang?
      Oh, ternyata si ikhwan cuma mau menjaga pandangan.
      Truz, koq ga mau salaman sama perempuan?
      Kata ikhwan, agamanya melarang lawan jenis bukan muhrim bersentuhan.
      Ooh, begitu ya wan..

      Kamu juga dikenal sebagai makhluk yang anti pacaran.
      Kenapa sih wan?
      Apa?! Pacaran itu dilarang??!
      Masa iya sih wan?
      Ikhwan bilang, “lebih enak pacaran setelah pernikahan,
      ga dapet dosa, malah dapet ganjaran.”
      Wah, asyik tuh wan..!

      Umm…jangan marah ya wan…
      Aku pernah denger selentingan,
      Kata orang, penampilanmu itu rada kampungan.
      Trus, kamu juga dibilang kuper alias kurang pergaulan.
      Ups! Sorry ya wan…
      “Biar aja dibilang kampungan, yang penting otak briliyan,
      lebih baik dibilang kuper (kurang pergaulan)
      daripada dicap kuber alias kurang beriman.”
      Begitu jawab si ikhwan.
      Ooo….

      Tapi wan, koq kamu pake celana cingkrang?
      Hah?! Isbal (memanjangkan celana sampe bawah mata kaki) itu di larang??!
      Eh, jenggot di dagumu juga semakin panjang.
      Trus, kenapa tuh ada stempel di jidat kamu wan?
      Ooh…pantesan…
      Qiyamullail jadi kebiasaan
      Shalat jama’ah di masjid ga ketinggalan
      Hafalan Qur’an jadi kebutuhan
      Shoum sunnahnya juga gak telewatkan
      Ma’tsurat-an pagi petang
      Apalagi tilawah quran…
      Wuiiiih…kagak pernah bosan!
      Salut deh wan!

      Eh, wan. Denger2 kamu mau pergi berjuang?
      Ke mana sih wan?
      Apa?! Ke medan pertempuran??!
      Apa gak takut nyawamu melayang?
      Kata si ikhwan, “ ’isy kariiman au mut syahiidan!”
      Hmm…ini baru namanya militan.

      Oh ya wan, akhir2 ini aq sering ngeliat kamu senyam-senyum sendirian.
      Cari maisyah(penghasilan) pun jadi giaaat tenan.
      Ada apa dengan si ikhwan?
      Wah…ternyata bentar lagi ikhwan mau walimahan!!
      Barakallah, Barakallah ya wan…!!

      ^__^v

    10. yah salut buat semuanya, jg yg udah ksh komentar.

      tp klo ada ikhwan & akhwat pacaran gmn???? heheheheheee maaf kenyataan lho!!!

    11. Pertama kali saya liat judulnya saya ketawa.. Krn ingat teman saya yg kebetulan namanya Ikhwan..
      Dia sih gak seperti yang digambarin di puisi..
      Tapi hampir sama sih, mau pacaran tapi sebatas status ajah.. Tetep gak gandeng tangan, boro-boro bisa bersandar di bahu, bersentuhan ajah sekedar utk jabat tangan.
      Tp bangga pasti jadi pacarnya, krn dia gak akan main2 sama kaum akhwat.. Agamanya kuat sbg penopang keluarganya kelak.. Hidup yg sederhana dan sewajarnya, pasti akan ada kehangatan dalam keluarganya.. Jiwa yang setia kawan dambaan setiap akhwat..
      Subhannalah.. Berada di dekatnya serasa berdiri di pintu surga..
      Semoga Saya mendapat orang seperti dia.. Amin.

    12. saya ikhwan bukan yah??

    13. Allah nyiptakan manusia dlm wujud yg brbeda2. trmasuk sifat2 yg dimiliki.ada yg alim abizzz… ada yg errrrrroooorrr abizzz…
      memurutQ sie… gak usah di bikin puseng2 amit..
      ketika Qt bisa nggunaen kelebihan itu dg baek, Q kira g masalah. yg errrrooorrr… bisa nggunaen ke erroranya dlm kebaekan. misal, nge_gaet ABG2 buat ngaji,etc. bukankah malah bisa saling melengkapi?? yg alim sbg sopir, yg error sbg kernetnya…
      so, error tp terarah gothuuu…
      sory, kalo komentarmya salah.

    14. no coment…. yang pasty, menurut aq, lebih baex jadi ikhwan dari pada jadi bakwan yang bisa dijual di mana aza, di makan ma sappa aja… key bro…

    15. kreatip sangat ikwan nih! siiip lah trusin!!!!

    16. hehehe… good good good.

      saya titip pesen buat akhwat yg “eksklusif”, jangan gitu doonng..
      pengalaman. masa saya kasih senyum malah buang muka.. saya jg akhwat loh. apa mgk karna jibabku tidak selebar jilbabmu kali ya…
      dalam hati “sabbaaaaarrrr sabaaarrrrrr..”

    17. hehehe…..iya lucu…bener juga pesan diatas..q jadi bingung berekspresi,pengen ketawa.pengen marah,gendok tapi kagum…hahaha

    18. jangan buat puisi tentang ikhwan lagi ya…….
      soalnya aq punya teman namanya juga ikhwan dan dia merasa tersindir karena dia tidak punya jenggot tetapi punya kumis……..
      (kalau bisa tolong dipublikasikan e-mail q biar banyak yang nge..@….aq)

    19. Hahaha… lucu ya..🙂
      But creative… salam kenal..

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: